Jumat, 31 Mei 2013

Semua Laptop Stasiun Antariksa Kini Pakai Linux

TEMPO.CO, Washington-Ahli komputer dari lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) memutuskan untuk memasang Linux pada seluruh komputer di stasiun antariksa internasional (ISS). Sistem operasi baru diharapkan memberikan layanan yang lebih stabil dan andal.

Terdapat belasan laptop di ISS yang bisa dipakai astronaut. Komputer jinjing ini terhubung menggunakan jaringan opsLAN. Komputer inilah yang memegang kendali seluruh prosedur harian seperti memberi tahu keberadaan astronaut hingga merekam video.


Pada mulanya seluruh laptop menggunakan sistem operasi Windows XP yang diciptakan Microsoft. Namun seiring waktu, astronaut membutuhkan sistem operasi yang lebih baik. Pilihan pun jatuh kepada Linux sebagai sistem operasi pengganti.

"Migrasi penuh ini dilakukan karena kami butuh sistem operasi yang lebih tangguh. Dengan Linux, kami lebih leluasa menambal kebolongan sistem," ujar Keith Chuvala dari United Space Alliance, yang menjadi rekanan NASA dalam mengoperasikan opsLAN.

Nantinya, astronaut yang hendak terbang ke orbit akan dilatih untuk mengoperasikan Linux. Pelatihan ini diadakan oleh organisasi nirlaba Linux Foundation.

Linux sendiri sudah dipakai untuk menjalankan berbagai fungsi stasiun antariksa. Robot antariksa Robonaut yang dikirim ke ISS pada 2011 juga menggunakan sistem operasi yang pertama kali dikembangkan Linus Torvalds ini. Astronaut dan operator di bumi bisa mengarahkan Robonaut agar melakukan pekerjaan sulit yang mengancam nyawa astronaut.

Varian Linux yang telah dimodifikasi ini juga digunakan oleh proyek penelitian skala besar, termasuk mesin pemburu partikel Tuhan milik organisasi riset nuklir Eropa.

"Linux Foundation memiliki semuanya," ujar Chuvala. "Ongkos yang diperlukan juga lebih baik sehingga hitung-hitungan akhir menunjukkan nilai tambah yang lebih baik."

Penggunaan Windows XP sempat merugikan ISS. Pada 2008, komputer stasiun diserang worm W32.Gammima.AG yang terbawa bersama laptop milik kosmonaut Rusia. Kerentanan Windows XP terhadap virus ditegaskan oleh perusahaan antivirus Symantec.

ANTON WILLIAM | HUFFINGTONPOST

Tidak ada komentar:

Posting Komentar