Rabu, 24 April 2013

Pernik Tahukah Anda

  1. bahwa Albert Einstein tak pernah belajar mengendarai mobil
  2. bahwa tekanan dalam sebuah botol sampanye kira-kira 6,33 kg untuk setiap 1 cm²? Itu berarti tiga kali lebih besar daripada tekanan dalam sebuah ban mobil
  3. bahwa rolet diciptakan oleh filsuf dan matematikawan besar Perancis, Blaise Pascal? Rolet adalah produk sampingan dari eksperimennya tentang gerakan abadi."
  4. bahwa kecepatan rata-rata lalat rumah adalah 7,25 km/jam? Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya
  5.  bahwa melalui survei satelit, para ilmuwan menyimpulkan kota Los Angeles, California, bergerak dengan kecepatan 5,1 cm/tahun ke Pegunungan San Gabriel?"
  6. bahwa pada Perang Dunia I burung nuri diletakkan di Menara Eiffel untuk memberikan peringatan apabila pesawat udara mendekat, jauh sebelum pesawat itu terdengar atau terlihat oleh pengawas?"
  7. bahwa kotak hitam yang menyimpan rekaman percakapan penerbang di pesawat terbang sesungguhnya berwarna oranye agar dapat mudah ditemukan di antara reruntuhan pesawat yang mengalami kecelakaan?"
  8. bahwa kata gas diciptakan oleh kimiawan J.B. van Helmont, dari kata Yunani "chaos" yang berarti "tak berbentuk"?"
  9. bahwa permukaan planet Venus lebih panas daripada Merkurius, meskipun jaraknya hampir dua kali lipat lebih jauh dari matahari? Hal ini dikarenakan atmosfer yang menimbulkan efek rumah kaca."
  10. bahwa keripik kentang adalah kudapan terlaris di Amerika Serikat? Menurut statistik, 32% orang Amerika makan siang disertai keripik kentang, sementara 18% pada makan malam."
  11. bahwa perguruan tinggi pertama yang menggunakan istilah kampus untuk merujuk pada tanahnya adalah Universitas Princeton? Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti lapangan."
  12. bahwa belut listrik yang besarnya antara 1,5 - 2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda?"
  13. bahwa, menurut majalah Forbes, sekitar 60% dari 793 orang miliader di dunia tahun 2009 membangun kekayaannya dari nol?"
  14. bahwa sekali mengklik mouse menghabiskan 0,0000024 kcal energi? Itu berarti, bila kita memakan sepotong coklat, kita perlu mengklik mouse sebanyak 765.551.000 kali untuk menghabiskan kalori yang dihasilkannya."
  15. bahwa kucing mempunyai daya pendengaran yang luar biasa? Telinga kucing mempunyai 30 otot yang mengendalikan bagian luar telinganya, sedangkan manusia hanya mempunyai 6 otot. Otot-otot ini dapat berputar 180 derajat, hingga ia dapat mendengar dari segala arah, tanpa harus menggerakkan kepalanya."
  16. bahwa kincir angin yang sering dijadikan lambang negara Belanda mula-mula diciptakan di Iran pada tahun 644? Kincir ini sudah digunakan untuk menggiling serealia."
  17. bahwa tubuh manusia mempunyai sekitar 2 juta kelenjar keringat? Rata-rata orang dewasa kehilangan 540 kalori dengan setiap liter keringatnya, dan laki-laki berkeringat 40% lebih banyak daripada perempuan."
  18. bahwa nama Fagin, tokoh pencopet dalam novel Oliver Twist karya Charles Dickens, berasal dari nama sahabat karib Dickens, Bob Fagin?"
  19. bahwa untuk mencukur janggut dan kumis, para astronot membutuhkan pencukur khusus dengan alat penghisap seperti penghisap debu, agar potongan rambutnya tidak beterbangan di ruangan hampa udara?"
  20. bahwa sebelum lampu sein ditemukan, pengemudi mobil menggunakan lonceng dan peluit uap untuk memberi tanda mobil akan berbelok?"
  21. bahwa tingkat perceraian di Amerika Serikat adalah yang tertinggi di dunia, yaitu 20,7 dari setiap 1.000 perkawinan? Angka ini disusul olen Denmark, yaitu 13,1."
  22. bahwa kecepatan bersin dapat mencapai sekitar 250 kilometer per jamnya?"
  23. bahwa angka-angka dari dua sisi dadu yang saling berseberangan selalu berjumlah 7?"
  24. bahwa mata berkedip 15000 kali dalam sehari?"
  25. bahwa ikon save dalam Microsoft Office memperlihatkan sebuah disket dengan penutup yang digambarkan terbalik? Mulai Microsoft Office versi 2007 ikon save ini baru tidak terbalik."
  26. bahwa menurut Aristoteles, hati adalah tempat keberadaan emosi manusia?"
  27. bahwa 'DVD' pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc? Namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah 'DVD' saja, dan huruf-huruf tersebut secara 'resmi' bukan singkatan dari apapun."
  28. bahwa tarian Indonesia diyakini berawal dari gerakan ritual dan upacara keagamaan?"
  29. bahwa ketika para astronot Apollo 12 mendarat di Bulan, dampaknya menghasilkan getaran selama 55 menit di permukaannya? Getaran ini tertangkap oleh peralatan laboratorium di Bumi dan menyebabkan para geolog menyimpulkan bahwa permukaan bulan terdiri dari lapisan-lapisan batu yang rapuh."
  30.  bahwa dalam budaya Swahili, hari baru dimulai pada saat terbitnya matahari, yaitu sekitar pukul 6 pagi?"
  31. bahwa Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903? Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung 12 detik. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter."
  32. bahwa jika ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang? Jika kaki kudanya hanya satu yang diangkat berarti orang itu hanya terluka dalam perang. Dan jika semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit."
  33. bahwa kata-kata yang menggunakan awalan oto- seperti Otonomi, otodidak, dan otomatis adalah salah menurut kamus besar Bahasa Indonesia? Penulisan yang benar adalah dengan memakai awalan Auto- seperti Autonomi, Autodidak, dan Automatis
  34. bahwa kilat dapat menyambar Bumi dengan kekuatan hingga 100 juta volt?"
  35. bahwa karena berotasi dengan kecepatan yang sama dengan waktunya mengorbit Bumi, Bulan memiliki sisi dekat yang selalu menghadap Bumi dan sisi jauh yang tidak pernah menghadap Bumi?"
  36. bahwa filsafat perenial meyakini bahwa setiap agama di dunia memiliki suatu kebenaran yang tunggal dan universal yang merupakan dasar bagi semua pengetahuan dan doktrin religius?"
  37. bahwa istilah saintisme biasanya digunakan secara peyoratif untuk menggambarkan kepercayaan bahwa metode dan pendekatan ilmiah dapat diterapkan untuk segala hal?"
  38. bahwa Djanan Thaib adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Al-Azhar, Mesir?"
  39. bahwa kopi luwak adalah kopi yang termahal di dunia? Kopi yang dikais dari kotoran luwak ini bisa mencapai harga AS$100 per 450 gram.
  40. bahwa tikus dapat jatuh dari lantai 5 sebuah gedung tanpa terluka?"
  41. bahwa andaikan semua keturunannya hidup, sepasang lalat dapat menghasilkan 190.000.000.000.000.000.000 lalat dalam waktu empat bulan saja?"
  42. bahwa terong pertama kali dibudidayakan lebih dari 4000 tahun yang lalu di Asia Tenggara? Di Timur Tengah dan Eropa, terung pernah dituduh sebagai sumber segala macam bencana: dari epilepsi hingga kanker."
  43. bahwa serangga paling cepat di dunia adalah capung Australia? Capung ini dapat mencapai kecepatan terbang 57 km/jam."
  44. bahwa menurut Thomas Hobbes, filsuf Inggris abad ke-17, hanya ada empat bidang di dalam filsafat, yakni geometri, fisika, etika, dan politik?\
  45. bahwa pada bedah caesar, sang ibu berada dalam keadaan sadar karena hanya dibius separuh badan?
  46. bahwa orang bisa terapung dengan mudahnya di permukaan Laut Mati karena salinitasnya yang tinggi sekitar 30-40 % (bandingkan dengan air laut yang sekitar 3,5%)?
  47. bahwa rata-rata tubuh manusia mengandung cukup besi untuk membuat 8 cm paku, belerang untuk membunuh semua kutu pada seekor anjing, karbon untuk 900 pensil, kalium untuk menembakkan meriam mainan, lemak untuk 7 batang sabun, fosfor untuk membuat 2.200 batang korek api, dan air untuk mengisi tangki 38 liter?
  48. bahwa bahasa Perancis pernah menjadi bahasa resmi di Inggris selama lebih dari 600 tahun?
  49. bahwa pada tahun 1982, semua planet di tata surya terletak pada satu garis lurus?
  50. .bahwa filsuf Yunani Thales (c. 624 SM – c. 546 SM) dikatakan dapat mengukur tinggi piramida Mesir hanya dengan mengukur bayangannya saja? Ia juga dapat mengukur jauhnya kapal di laut dari pantai menggunakan geometri."
  51. bahwa Indonesia adalah negara pertama dan satu-satunya yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa?"
  52. bahwa pisang berasal dari Asia Tenggara? Di daerah ini terdapat banyak sekali jenis pisang dan namanya pun beraneka ragam.
  53. bahwa sepertiga presiden Indonesia mempunyai gelar doktor akademik? Keduanya adalah BJ Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono, sementara itu, dari 43 orang presiden AS hanya Woodrow Wilson yang mempunyai gelar doktor akademik."
  54. bahwa batas kecepatan kendaraan pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 1903? Batas yang ditetapkan adalah 20 mil atau 32,19 km per jam.”
  55. bahwa seorang bayi normal berusia 2 minggu bisa menghabiskan susu 400 gram hanya dalam 3 hari?"
  56. bahwa Jakarta sudah tujuh kali berganti nama, yaitu Sunda Kelapa - Jayakarta - Batavia - Betawi - Jacatra - Jayakarta - Jakarta?"
  57. bahwa jika kita tertawa kita memerlukan 10 otot sebagai penggerak sedangkan untuk cemberut kita memerlukan 17 otot.
  58. bahwa pencetak laser pertama diciptakan oleh Xerox ketika stafnya, Gary Starkweather, memodifikasi sebuah mesin fotokopi Xerox hingga menjadi pencetak komputer?"
  59. bahwa bila semua angka dari 1 hingga 100 ditambahkan (1+2+3+...+99+100) maka jumlah keseluruhannya adalah 5050?"
  60. bahwa kalkun liar dapat terbang hingga 88,5 km per jam?"
  61. bahwa suhu udara tertinggi yang pernah dicatat di dunia adalah 58 °C di El Azizia, Libya, pada 13 September 1922?
  62. bahwa bila semua angka di penampang rolet dijumlahkan, hasilnya adalah 666?
  63. bahwa selama 10 menit orang bersenggama, energi sebesar lebih kurang 3000 watt dapat dihasilkan?"
  64. bahwa pada tahun pertamanya, Coca-Cola hanya berhasil menjual 25 botol produknya?"
  65. bahwa luas resor rekreasi Disney World di Orlando, Florida, Amerika Serikat, ialah 123,43 km², atau empat kali kali luas Kota Yogyakarta, Indonesia?"
  66. bahwa makanan pertama yang disantap John Glenn, astronot Amerika Serikat, di pesawat angkasa luar Friendship 7 pada tahun 1962, adalah saus apel?"
  67. bahwa seekor kutu mampu melompat sejauh 350 kali panjang badannya, atau kira-kira sama dengan seorang manusia melompat sejauh lapangan sepak bola?"
  68.  bahwa produk konsumen Amerika Serikat pertama yang dijual di Uni Soviet adalah Pepsi-Cola?"
  69.  bahwa pemberian cincin sebagai salah satu simbol di dalam pernikahan semula berasal dari upacara pertunangan Romawi sejak abad pertama Masehi?"
  70.  bahwa menurut mitologi Cina, dunia diciptakan oleh Pangu yang membelah langit dan bumi serta menyangga langit dengan badannya yang semakin meninggi?"
  71.  bahwa panen pertama semangka yang tercatat dalam sejarah berlangsung sekitar 5.000 tahun lalu di Mesir? Gambar-gambar buah semangka ditemukan pada lukisan-lukisan di dinding gedung-gedung kuno. Dari sana buah ini menyebar ke negara-negara lain melalui kapal-kapal dagang."
  72.  bahwa dua orang bersaudara dari Hongaria, George dan Laszlo Biro, menciptakan bolpen pada 1938?"
  73. bahwa bangsa Arab adalah yang pertama memproduksi es krim secara komersial pada abad ke-10?"
    bahwa pada sekitar 1000 SM bangsa Mesir kuno telah mulai menggunakan kondom untuk menghindari penyakit? Saat itu kondom dibuat dari bahan linen.
  74. bahwa pada Agustus 1981 Sony mengeluarkan kamera elektronik Sony Mavica, yang merupakan kamera elektronik komersial yang pertama?"
  75. bahwa Hotmail pertama kali diciptakan pada 1995, dan diluncurkan pada tahun 1996 dengan nama HoTMaiL? Huruf besar dalam namanya menunjukkan HTML, yaitu sebuah bahasa Web.
  76. bahwa Sabeer Bhatia, seorang warganegara India, menciptakan Hotmail, dan kemudian menjualnya pada 1997 kepada Microsoft dengan harga US$400 juta?
  77. bahwa kok yang dipakai dalam olahraga bulutangkis kebanyakan diambil dari sayap kanan angsa?"
  78. bahwa Hoegeng adalah Kapolri yang pertama kali mencetuskan ide memakai helm."
  79. bahwa Pepsi Cola memperkenalkan produknya di Tiongkok dengan semboyan Pepsi memberikan Anda kehidupan? Namun penerjemahannya keliru, sehingga dalam bahasa Tionghoa bunyinya menjadi Pepsi mengembalikan leluhur Anda dari kuburnya!"
  80. bahwa Danau Nikaragua di barat daya negara itu dulunya adalah bagian dari Laut Karibia? Di zaman pra-sejarah danau ini perlahan-lahan terpisah dari laut karena meningkatnya permukaan tanah. Akibatnya, di danau itu kini terdapat ikan hiu, ikan pedang, ikan tuna, dan berbagai jenis ikan laut lainnya – yang kini hidup di air tawar!"
  81. bahwa burung pelatuk dapat mematuk 20 kali dalam satu detik?"
  82. bahwa rata-rata orang tertidur dalam waktu tujuh menit?"
  83. bahwa semua peran dalam drama Shakespeare aslinya dimainkan oleh laki-laki? Di Inggris pada waktu itu ada anggapan bahwa tidak sopan bila perempuan tampil di panggung.
  84. bahwa minum kopi dengan gula konon dimulai pada 1715 di istana Raja Louis XIV dari Perancis?"
  85. bahwa kertas tisu WC konon ditemukan di Tiongkok pada 875? Sementara kertas tisu WC modern diciptakan pada 1857 oleh Joseph Gayetty dari New York, Amerika Serikat.
  86. bahwa pisang sangat baik untuk kegiatan atletik dan kebugaran karena membantu menyediakan karbohidrat, glikogen, dan cairan tubuh yang dibakar selama latihan fisik? Penelitian membuktikan bahwa dua buah pisang merupakan sumber energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit !
  87.  bahwa Joel Houghton pada tahun 1850 mematenkan sebuah mesin kayu yang memiliki roda yang diputar dengan tangan yang memercikkan air ke piring-piring? Itulah mesin cuci piring yang pertama, yang nyaris bisa disebut sebagai "mesin"!
  88.  bahwa catatan tertua tentang gempa bumi yang dimiliki manusia berasal dari Tiongkok pada tahun 1177 SM? Katalog Tiongkok mencatat berbagai gempa bumi yang terjadi di negeri itu selama beberapa ribu tahun terakhir. Tak banyak informasi yang diterbitkan tentang gempa bumi hingga abad ke-17.
  89.  bahwa kabin pesawat memiliki tekanan udara yang dikendalikan?"
  90. bahwa Bangkok, ibu kota Thailand, mempunyai nama resmi yang merupakan nama kota terpanjang di dunia, yaitu Krungthep Mahanakhon Amorn Rattanakosin Mahintara Yudthaya Mahadilok Pohp Noparat Rajathanee Bureerom Udomrajniwes Mahasatarn Amorn Pimarn Avaltarnsatit Sakatattiya Visanukram Prasit?"
  91. bahwa terdapat radiasi elektromagnetik yang hampir sama di segala arah di alam semesta yang disebut radiasi latar belakang gelombang mikro kosmis?"
  92. bahwa ketika Chevrolet Motor Company berusaha memperkenalkan produknya yang diberi nama "Nova" di Spanyol, ternyata mobil itu tidak laku? "Nova" dalam bahasa Spanyol berarti "mogok" atau "tidak jalan"!
  93. bahwa kata 'oke' mungkin berasal dari bahasa Indian Choctaw yang berarti 'demikianlah'?"
  94. bahwa sebagai salah satu galaksi paling terang, Galaksi Pusaran M51a dapat dilihat menggunakan binokular oleh pengamat dari Bumi?"
  95. bahwa raja Asiria Asyurbanipal membuat perpustakaan pertama yang diorganisasi secara sistematis di Timur Tengah kuno dalam bentuk koleksi dokumen bertulisan huruf paku di istananya di Niniwe?"
  96. bahwa alat musik tiup okarina merupakan salah satu alat musik tertua dan diyakini telah ada sejak zaman batu atau sekitar 12.000 tahun lalu?"
  97. bahwa selama setidaknya satu hari dalam setahun, matahari tidak terbenam (sekitar 21 Juni) ataupun terbit (sekitar 21 Desember) di dalam daerah yang dilingkupi Lingkar Arktik?"
  98. bahwa percobaan marshmallow Stanford menunjukkan terdapatnya perbedaan nilai akademis antara anak-anak yang berhasil menunggu dan yang tidak sabar menunggu?"
  99. bahwa pada abad ke-17, mata uang yang paling digunakan oleh Kesultanan Mataram yang terdapat di Jawa adalah Real Spanyol?"
  100.  bahwa dengan membandingkan efek obat aktif dan plasebo, peneliti dapat menentukan apakah obat memiliki efek khusus di luar yang diharapkan?"
  101. bahwa satu-satunya mamalia yang tidak bisa melompat adalah gajah?
  102. bahwa bulan Februari tahun 1865 adalah satu-satunya bulan yang tercatat dalam sejarah yang tidak punya bulan purnama?
  103. bahwa semua makhluk hidup adalah radioaktif? Radioaktivitas ini terjadi karena kandungan isotop karbon bernama C-14.
  104. bahwa hingga 1960-an ritsleting celana panjang kaum perempuan biasanya dipasang di pinggir, di dekat pinggang? Ini disebabkan karena ritsleting di depan bagi perempuan dianggap tanda bahwa si pemakai adalah perempuan "nakal"!"
  105. bahwa Napoleon Bonaparte sangat menggemari kuda yang berwarna putih, sehingga ia memiliki sekurang-kurangnya 50 ekor!""
  106. bahwa Hitler terpilih oleh Majalah "Time" sebagai "Tokoh Tahun Ini" pada 1938?"
  107. bahwa pemerintah Indonesia harus menalangi tak kurang dari Rp 660 triliun jaminan terhadap dana masyarakat ketika terjadinya "krismon"? Angka ini mencapai 60% dari PDB Indonesia tahun 1999 dan termahal dalam sejarah pemulihan perbankan di dunia."
  108. bahwa pembuka makanan kaleng diciptakan 48 tahun setelah makanan kaleng diperkenalkan?"
  109. bahwa susu unta mengandung sekitar 5,5% lemak susu, 7,5% susu dan 87% air?"
  110. bahwa bila kita merasa kesal, maka otak dan tubuh kita bereaksi keras dan bekerja ekstra sehingga menghasilkan zat-zat kimia dan hormon yang dapat menghasilkan air mata?"
  111. bahwa rata-rata perempuan mengucapkan 7.000 kata per hari, sedangkan laki-laki hanya 2.000 kata?"
  112. bahwa rata-rata orang kehilangan 40 hingga 100 helai rambut setiap harinya?"
  113. bahwa pada tahun pertama VW Kodok diperkenalkan di Amerika Serikat, hanya 330 buah yang laku terjual?"
  114. bahwa Diners Club adalah perusahaan kartu kredit yang pertama di dunia? Frank X. McNamara memulai perusahaan itu pada 1950 dengan 200 orang pemegang kartu pertama."
  115. bahwa yo-yo diperkenalkan pada 1929 oleh Donald F. Duncan? Mainan ini dibuat berdasarkan senjata yang digunakan oleh para pemburu Filipina pada abad ke-16."
  116. bahwa lumba-lumba melompat dari dalam air untuk menghemat energi? Bergerak di udara memang lebih mudah daripada bergerak di dalam air!"
  117. bahwa ular membutuhkan waktu 50 jam untuk mencerna seekor katak?"
  118. bahwa biaya membuat film Titanic adalah AS$200 juta, sementara biaya pembuatan kapal itu sendiri sekarang adalah sekitar AS$123 juta?"
  119. bahwa sebatang jagung rata-rata mempunyai enam belas baris dengan 800 butir jagung?"
  120. bahwa koperasi pertama di Indonesia didirikan di Tasikmalaya? Nama Bapak Koperasi Indonesia, yaitu Mohammad Hatta dijadikan nama jalan tempat Gedung Koperasi itu berada."
  121. bahwa setiap harinya seekor bayi paus kelabu meminum susu yang setara dengan 2.000 botol?"
  122. bahwa pada masa kehamilan rata-rata kandungan seorang ibu mengembang hingga 500 kali ukurannya yang normal?"
  123. bahwa situs web pertama adalah http://info.cern.ch yang dibuat oleh Tim Berners-Lee?"
  124. bahwa lambang perdamaian diciptakan pada 1958 sebagai lambang perlucutan senjata nuklir dan merupakan gabungan dari dua tanda semafor untuk huruf "N" dan "D" yang berarti "nuclear disarmament" atau perlucutan senjata nuklir?"
  125. bahwa raja yang paling lama berkuasa dalam sejarah adalah Pepi II, yang memerintah Mesir selama 90 tahun dari 2566 hingga 2476 SM?"
  126. bahwa selain digunakan sebagai rempah pengharum masakan di sejumlah negeri di Asia Tenggara, daun salam (Syzygium polyanthum) juga digunakan sebagai obat sakit perut?"
  127. bahwa seekor sapi rata-rata menghasilkan 40 gelas susu setiap harinya?"
  128. bahwa Mozart gemar bermain bilyar, dan kadang-kadang bermain sepanjang malam, sambil membuat komposisi simfoninya?"
  129. bahwa kedelai adalah satu-satunya sumber protein nabati yang mengandung kedelapan asam amino penting dan karenanya dianggap sebagai yang terlengkap?"
  130. bahwa kedelai diperkenalkan di Eropa pada tahun 1712 dan di benua Amerika pada awal 1800-an?"
  131. bahwa rakit-rakit terapung dari tanaman bunga matahari digunakan untuk membersihkan air beracun akibat kecelakaan kebocoran PLTN Chernobyl pada 1986? Akar tanaman ini mampu menyedot 95% zat radioaktif dari dalam air."
  132. bahwa sebelum berganti kulit, mata ular biasanya tampak suram, dan kulitnya pun sangat kusam? Biasanya ular juga menjadi tidak aktif menjelang saat-saat ini, dan tidak mau makan."
  133. bahwa oleh sebab larangan agama untuk pembedahan manusia hidup-hidup, Galenus menganggap struktur dan fungsi anatomi manusia serupa dengan anatomi anjing?"
  134. bahwa hingga tahun 1800-an di Hawaii kaum perempuan dilarang makan hampir semua jenis pisang, dengan ancaman hukuman mati bagi yang melanggarnya?"bahwa di sebagian wilayah Afrika, bersalaman dengan tangan kanan dianggap tidak sopan?"
  135. bahwa bendera pusaka Sang Saka Merah Putih dibuat oleh Fatmawati—istri presiden pertama Indonesia, Soekarno—pada tahun 1944?"
  136. bahwa lambang negara Indonesia Garuda Pancasila dirancang oleh Sultan Hamid II dari Pontianak dan disempurnakan atas saran Presiden Soekarno serta diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat tanggal 11 Februari 1950?"
  137. bahwa walaupun lagu kebangsaan Indonesia Raya digubah oleh Wage Rudolf Supratman, aransemen simfoni lagu tersebut dibuat oleh Jos Cleber yang berkebangsaan Belanda?"
  138. bahwa dalam bukunya, A New Kind of Science, Stephen Wolfram berpendapat bahwa alam semesta secara alamiah bersifat digital dan berjalan pada hukum-hukum dasar yang dapat dianggap sebagai program sederhana?"
  139. bahwa pada musim panas tahun 1858, bau menyengat dari limbah dan pembuangan manusia yang berasal dari Sungai Thames sangat kuat tercium di pusat kota London, Inggris?
  140. bahwa rakyat Tiongkok telah menggunakan aluminium pada tahun 300, sementara bangsa-bangsa Barat baru menemukannya pada 1827?"
  141. bahwa usia rata-rata seekor nyamuk adalah dua minggu?"
  142.  bahwa Aspirin buatan Bayer adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet? Obat ini pertama kali dipasarkan pada 1899 dalam bentuk bubuk, tetapi pada 1900 dipadatkan menjadi tablet yang dapat larut di dalam air."
  143.  bahwa nyala api lilin ternyata mengandung limpahan berlian. Ini adalah temuan Wuzong Zhou, ilmuwan dari University St Andrews, Skotlandia, Inggris, yang dipublikasikan di Chemical Communication Journal
  144. bahwa lempeng tektonik di sekitar lempeng Pasifik menghasilkan lebih dari 80 persen dari energi yang dilepaskan oleh gempa bumi setiap tahunnya?"
  145. bahwa lalat dapat mengepakkan sayapnya sekitar 500 kali per detik?"
  146. bahwa manusia tidak dapat berkedip minimal 10 kali per detik?"
  147. bahwa kata cokelat dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Belanda atau bahasa Inggris, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Spanyol, yang meminjamnya dari bahasa Nahuatl, bahasa bangsa Indian Aztek di Amerika Tengah?"
  148. bahwa kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia? Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama."
  149.  bahwa selama Perang Dunia II, kota Leningrad (sekarang St. Petersburg) dikepung Jerman selama 900 hari dari 8 September 1941 hingga 27 Januari 1944? Selama pengepungan itu, diperkirakan 800.000 penduduk kota itu tewas."
  150. bahwa pisang adalah sumber yang baik untuk vitamin C, kalium, dan serat makanan.?
  151. bahwa dalam perjalanan ke angkasa luar para astronot Amerika maupun kosmonot Rusia selalu membawa bekal cokelat?"
  152. bahwa satu-satunya amandemen Konstitusi Amerika Serikat yang dibatalkan adalah larangan penjualan minuman keras?"
  153. bahwa Ernest Douwes Dekker adalah penggagas nama "Nusantara" sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka?"
  154. bahwa tiga orang presiden Amerika Serikat pernah bekerja sebagai tukang cuci piring? Mereka adalah Lyndon B. Johnson, Gerald Ford, dan Ronald Reagan."
  155. bahwa Presiden Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt mempunyai hubungan dengan 11 presiden lainnya lewat pertalian darah atau perkawinan, yaitu dengan: John Adams, John Quincy Adams, Ulysses S. Grant, William Henry Harrison, Benjamin Harrison, James Madison, Theodore Roosevelt, William Taft, Zachary Taylor, Martin Van Buren, dan George Washington?"
  156. bahwa Petrus Damianus, uskup Ostia, pernah menulis kepada Paus Alexander II pada 1061 dan mendesaknya agar melarang para rohaniwan bermain catur dan menghukum seorang uskup yang membuang-buang waktu dengan bermain catur di malam hari?"
  157. bahwa pos rekrutmen marinir Amerika Serikat yang pertama adalah di sebuah bar?
  158. bahwa panjang busur panah biasanya sama dengan tinggi pemanahnya?
  159. bahwa bir baru dijual di dalam botol pada tahun 1850 dan di dalam kaleng pada tahun 1935?
  160. bahwa Den Haag tidak mempunyai universitas walaupun merupakan kota ketiga terbesar di Belanda?"
  161. bahwa Kalimantan pada asalnya merujuk kepada keseluruhan Pulau Borneo, dan bukan wilayah Indonesia kini saja?"
  162. bahwa teh adalah minuman kedua paling populer di dunia, setelah air biasa?"
  163. bahwa manusia telah memakan roti kismis selama lebih dari 6000 tahun?"
  164. bahwa pada tahun 1600-an termometer diisi dengan brandy dan bukan dengan air raksa?"
  165. bahwa lagu kebangsaan Amerika Serikat, Star-Spangled Banner, dikarang dengan musik dari sebuah lagu yang biasa dinyanyikan orang sewaktu meminum minuman keras?"
  166. bahwa perusahaan yang paling banyak pegawainya di dunia adalah Jawatan Kereta Api India? Seluruh pegawainya berjumlah lebih dari satu juta orang!"
  167. bahwa nama Kanada diambil dari bahasa Indian, yang berarti Kampung Besar?"
  168. bahwa Weaver Adams, seorang Master catur Amerika Serikat pernah menulis sebuah buku catur berjudul Putih Main dan Menang? Setelah buku itu terbit, ia bermain dalam sebuah turnamen di Dallas Texas dan kalah dalam semua permainan di mana ia memainkan buah catur putih, dan menang ketika ia memainkan buah hitam!"
  169. bahwa tornado paling sering terjadi antara siang sampai senja hari, ketika panas matahari siang hari menghasilkan udara panas yang menjadi sumber terbentuknya badai tornado?"
  170. bahwa Adolf Hitler terkenal sebagai salah satu orang yang menjauhkan diri dari alkohol, sementara musuhnya, Sir Winston Churchill adalah salah satu peminum kelas berat dunia?
  171. di Babilon kuno, ayah pengantin perempuan akan menyediakan minuman madu yang difermentasikan untuk persediaan minumnya selama satu bulan? Karena itulah masa minuman madu gratis itu kemudian disebut masa bulan madu."
  172. pada malam-malam terang bulan, konsumsi minuman keras biasanya menurun?"
  173. gerak mata, ke arah kiri dapat membantu daya ingat yang berkaitan dengan warna?"
  174. bahwa pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi di Mekkah, yang juga guru dari pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari?"
  175. bahwa teh herbal sama sekali tidak mengandung teh? Teh jenis ini dibuat dari berbagai campuran bunga, buah, dan reramuan yang memberikan rasa yang sedap, tanpa kafein."
  176. bahwa dibutuhkan rata-rata 6000 buah anggur untuk menghasilkan satu botol anggur?"
  177. bahwa Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun dan lebih banyak belajar secara informal ke para ulama dan autodidak?"
  178. bahwa Kabupaten Merauke saat ini adalah kabupaten terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 44.071 km2?"
  179. bahwa Hippasus dari Metapontum dikatakan meninggal dihukum mati karena menemukan bilangan irasional?"
  180. bahwa pernyataan "manusia hanya menggunakan kurang dari 10 persen otaknya" itu hanyalah mitos?"
  181. Bahwa pesawat kepresidenan Amerika Serikat, Air Force One, mampu terbang sejauh sepertiga keliling Bumi, nonstop, tanpa sekalipun mengisi ulang Avtur?"
  182. bahwa kota Padang Panjang telah menerapkan kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok serta menolak iklan rokok sejak tahun 2009. Meski pemerintah setempat harus kehilangan 70% penerimaan daerah dari total penerimaan iklan?"
  183. bahwa teh hijau dan teh hitam dapat mencegah gigi berlubang dan memberikan nafas yang lebih segar?"
  184. bahwa seorang pemetik daun teh dapat mengumpulkan hingga 32 kg daun setiap harinya?"
  185. bahwa dengan satu kilogram daun teh kita dapat membuat sekitar 375 hingga 425 cangkir teh?"
  186. bahwa Shah Jehan yang memerintahkan pembangunan Taj Mahal untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal, mempunyai harem yang terdiri dari ribuan orang wanita?"
  187. bahwa para Pilgrim mendarat di tempat yang kini dikenal sebagai Plymouth, Massachusetts terutama karena mereka kehabisan pasokan, khususnya minuman keras?"
  188. bahwa pada 4 September 1956 IBM memperkenalkan cakram keras pertama di dunia? Cakram keras itu berukuran dua lemari es dengan kemampuan 4,4 MB, atau cukup untuk menyimpan satu lagu dalam format MP3!"
  189. bahwa 98% dari Antartika terdiri dari es, 2% dari batu-batuan. Jumlah ini sama dengan 90% dari seluruh es dan 70% dari air tawar yang ada di seluruh dunia. Bila es ini mencair maka tingkat ketinggian permukaan laut dunia akan bertambah hingga rata-rata 70 meter!"
  190. bahwa setiap tiga detik sebuah wilayah hutan tropis Amerika Selatan seluas lapangan sepak bola lenyap!"
  191. bahwa burung Alap-alap Kawah (Falco peregrinus) adalah hewan pemangsa tercepat? Burung ini dapat terbang mencapai 320 km/jam."
  192. bahwa berita Kemerdekaan Indonesia dibawa oleh A.A. Hamidhan ke Kalimantan dengan menggunakan pesawat Jepang pada tanggal 24 Agustus 1945?"
  193. bahwa seekor induk kelinci, bila ketakutan atau terancam, dapat meninggalkan, mengabaikan, atau bahkan memakan anak-anaknya?"
  194. bahwa Perpustakaan Umum Chicago di Amerika Serikat adalah perpustakaan umum terbesar di dunia, dengan koleksi sebanyak 2 juta buku!
  195. bahwa pada 648 SM, kuda pertama kali diperkenalkan dalam olah raga, dengan masuknya para penunggang kuda ke dalam Olimpiade kuno? Pada abad ke-6 SM, pacuan kuda telah menjadi olahraga yang populer."
  196. bahwa coyote adalah binatang yang sangat setia kepada pasangannya? Bila pasangannya tertangkap dalam jebakan, ia akan mengantarkan hasil tangkapannya untuk dimakan pasangannya itu. Ia akan berendam di sungai untuk menolong pasangannya memperoleh air minum dengan menjilati bulunya yang basah. Coyote yang bebas dicatat pernah menunggui pasangannya yang tertangkap hingga mati!"
  197. bahwa dalam satu mil persegi di daerah pinggiran kota, jumlah serangga yang hidup lebih banyak daripada jumlah manusia di seluruh muka bumi?
  198. bahwa 46% dari seluruh air di muka bumi terdapat di Samudra Pasifik? Samudra Atlantik mempunyai 23,9%, Samudra Hindia 20,3%, dan Laut Arktik mempunyai 3,7% air."
  199. bahwa teh yang diolah oleh pabrik yang sama pada pk. 3.00 pagi dapat berbeda rasanya dibandingkan dengan yang diolah pada pk. 12.00 siang, meskipun daun-daun teh itu berasal dari daerah yang sama, bahkan dari pohon teh yang sama pula?
  200. bahwa pada 29-30 Maret 1848 air terjun Niagara sama sekali berhenti karena aliran sungainya membeku?"
  201. bahwa cahaya lampu yang bersinar dari puncak Hotel Luxor di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, adalah cahaya buatan yang paling kuat di seluruh dunia? Kekuatan cahaya ini adalah 41,5 gigacandela, sehingga sorotan cahayanya dapat dilihat dari pesawat terbang dari jarak 440 km! Cahaya ini dihasilkan oleh 39 lampu Xenon yang masing-masing menggunakan daya 7 kilowatt dengan biaya per jamnya $53 (untuk lampu, perbaikan, dan biaya listrik)."
  202. bahwa perusahaan teknologi pertama yang pindah ke Lembah Silikon di California, Amerika Serikat adalah Hewlett-Packard, pada 1938? Bill Hewlett dan Dave Packard, keduanya insinyur dari Universitas Stanford, memulai perusahaan mereka di sebuah garasi di Palo Alto dengan modal $1.538!"
  203. bahwa lebih dari 50.000 meter film digunakan oleh David O. Selznick untuk mengetes calon-calon aktris yang akan memainkan peranan utama Scarlett O'Hara dalam filmnya tahun 1939 Gone With the Wind?"
  204. bahwa rumput tertinggi di dunia, yang kadang-kadang bisa mencapai lebih dari 40 meter, adalah bambu?"
  205. bahwa setiap harinya orang Amerika konon membeli sekitar 5 juta barang yang menyerupai - atau berisi gambar - Miki Tikus?"
  206. bahwa dari 25 gunung tertinggi di muka bumi, 19 di antaranya terdapat di Pegunungan Himalaya?"
  207. bahwa Adolf Hitler menyimpan sebuah foto berbingkai dari Henry Ford di mejanya, sementara Ford juga menyimpan sebuah foto Hitler di mejanya di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat? Dalam bukunya Mein Kampf, Hitler menggunakan sejumlah pandangan Ford yang anti-Semit dan ia selalu menyambut sumbangan Ford terhadap gerakan Nazi."
  208. bahwa pada 1871 Ratu Victoria dan rakyatnya mengirimkan berpeti-peti buku ke kota Chicago? Novelis Inggris Thomas Hughes ikut mengatur buku-buku itu, yang kemudian menjadi cikal-bakal perpustakaan pertama kota tersebut."
  209. bahwa nasi adalah makanan pokok dari setengah penduduk dunia?"
  210. bahwa hanya sekitar 10 persen intan yang diolah menjadi perhiasan? Karena kerasnya, kebanyakan intan digunakan untuk membuat berbagai peralatan seperti bor gigi dan pemotong metal."<\li>
  211. bahwa meskipun bangsa Amerika Serikat jumlahnya hanya sekitar 5% dari seluruh penduduk dunia, di negara ini terdapat 70% pengacara dari keseluruhan yang ada di dunia? Menurut Persatuan Ahli Hukum Amerika pada tahun 2000 AS sudah memiliki satu juta pengacara!"
  212. bahwa para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat favorit bakteri? Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri, sementara di bagian yang lebih kering, seperti misalnya di pangkal lengan, hanya terdapat 13.000 bakteri per inci perseginya."
  213. bahwa wortel mulanya ditanam sebagai obat, bukan sebagai makanan? Bangsa Yunani kuno menyebutnya "karoto", dan dari kata inilah diperoleh kata "carrot" dalam bahasa Inggris."
  214. bahwa 90% dari semua spesies makhluk hidup yang telah lenyap adalah burung?"
  215. bahwa ujian pengemudi diciptakan pertama kali di Perancis? Pada 1893, para pengemudi semua kendaraan yang digerakkan dengan mesin diwajibkan menempuh ujian yang terdiri dari ujian kemampuan mengemudi dan perbaikan kendaraan!"
  216. bahwa pada 1959 pemerintah Afrika Selatan memutuskan untuk tidak memperkenalkan televisi kepada rakyatnya? Baru pada tahun 1975 - 16 tahun kemudian - televisi diizinkan hadir di negara itu."
  217. bahwa pakaian angkasa luar berlapis-lapis yang dikenakan seorang astronot yang menumpang pesawat pendaratan bulan, Apollo, beratnya 81,6 kg di Bumi, dan hanya 13,6 kg di Bulan, karena kecilnya gravitasi bulan?"
  218. bahwa dulu di Eropa, sepak bola merupakan permainan para penjahit di Yunani, yang menggunakan kandung kemih babi dan diisi dengan udara?"
  219. bahwa planet Saturnus adalah planet dengan massa jenis terkecil di antara 8 planet di tata surya ini?"
  220. bahwa dahulu saat belum menggunakan rantai, sepeda dijalankan menggunakan kaki dan kecepatan maksimalnya hanya 2 km/jam?"
  221. bahwa katak tidak pernah minum namun menyerap air dari sekitarnya melalui proses osmosis lewat membran di permukaan kulitnya."
  222. bahwa gigitan lintah tidak menimbulkan rasa sakit karena mengandung zat anestesis?"
  223. bahwa meskipun telepon telah ditemukan 53 tahun sebelumnya, baru pada 1929, ketika Herbert Hoover menjabat sebagai presiden, Gedung Putih memberikan pesawat telepon pribadi untuk presiden A.S. di kantor pribadinya?"
  224. bahwa produser film terlibat aktif dalam semua tahapan proses pembuatan film, mulai dari pemunculan ide dan pengembangan hingga penyaluran proyek film tersebut?"
  225. bahwa di Republik Dominika terdapat Universitas Santo Domingo, yaitu universitas tertua di benua Amerika? Universitas ini didirikan pada tahun 1538."
  226. bahwa kebanyakan obat pengusir serangga yang digunakan manusia bekerja dengan prinsip menyembunyikan bau manusia yang mungkin menarik bagi serangga, atau menciptakan bau-bauan yang tidak mereka sukai?"
  227. bahwa film Di Bawah Lindungan Ka'bah, adaptasi kedua dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Hamka, tercatat sebagai film dengan biaya produki termahal sepanjang sejarah perfilman Indonesia?"
  228. bahwa orang pertama yang diketahui meninggal karena radiasi adalah Marie Curie? Ia dan suaminya Pierre Curie adalah penemu radium."
  229. bahwa di kota Washington, D.C., tak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada Monumen Washington? Sementara itu di Bali tidak ada bangunan yang boleh lebih tinggi daripada pohon kelapa."
  230. bahwa pesawat terbang pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk, North Carolina oleh kedua bersaudara Wright pada 17 Desember 1903 dinamai "Flyer" (Penerbang)?" Namun pada penerbangan perdananya "Flyer" hanya dapat bertahan di udara selama 12 detik! Kedua bersaudara itu mencoba terbang lagi tiga kali hari itu, dan penerbangan terakhir mereka berlangsung selama 59 detik dan menjangkau jarak 256,7 meter."
  231. bahwa Pedro Alfonso (1062-1140), seorang pengarang dan astronom Yahudi-Spanyol mencantumkan permainan catur sebagai salah satu dari tujuh kecakapan yang perlu dimiliki oleh seorang ksatria? Keenam kecakapan lainnya adalah: berkuda, berenang, memanah, bertinju, memelihara burung elang, dan menulis puisi."
  232. bahwa Voltaire menganggap karya-karya Shakespeare sangat menyedihkan sehingga ia pernah menyebut dramawan besar itu sebagai 'si bodoh pemabuk'?"
  233. bahwa menurut para pakar, gua-gua besar cenderung "bernapas"? Mereka menarik dan menghembuskan udara ketika tekanan barometer pada permukaan berubah dan udara keluar atau masuk untuk menciptakan keseimbangan."
  234. bahwa Balet awalnya diciptakan bukan untuk menari, tetapi untuk memperbaiki bentuk tubuh bangsawan Eropa yang jelek karena perkawinan sesaudara."
  235. bahwa lebah harus mengumpulkan sari bunga dari sekitar dua juta kuntum bunga untuk menghasilkan madu sebanyak setengah kilogram?"
  236. bahwa Mahkamah Agung Amerika Serikat pernah mengeluarkan amaran bahwa pajak penghasilan Federal tidak konstitusional? Pajak ini pertama kali dikenakan pada masa Perang Saudara sebagai upaya darurat untuk mengumpulkan dana."
  237. bahwa meskipun rumah-rumah orang Eskimo terbuat dari es, namun kulkas banyak terdapat di rumah-rumah itu? Mereka menggunakan kulkas tersebut untuk menjaga agar bahan makanan mereka tidak membeku!"
  238. bahwa gula bukan cuma sekadar pemanis buah dalam selai, sebab gula juga berperan dalam mengawetkan buah melalui kemampuannya dalam "mengikat" air di dalam campuran itu dan menghalangi pertumbuhan mikroorganisme dan bakteri?"
  239. bahwa bila kita tersenyum, kita menggunakan 17 otot di muka kita?"
  240. bahwa negara bagian Oregon di Amerika Serikat merupakan salah satu penghasil kentang terbesar di dunia, yaitu 5,25kg per m²?"
  241. bahwa kentang adalah makanan berkalori rendah? Sebuah kentang berukuran sedang mengandung 110 kalori, sementara satu cangkir nasi mengandung 225 kalori dan satu cangkir pasta mengandung 155 kalori."
  242. bahwa berat rata-rata otak hanya sekitar 2% dari keseluruhan berat badan manusia? Namun demikian, otak membutuhkan 25% dari seluruh oksigen yang digunakan oleh tubuh, sedangkan ginjal menggunakan 12% oksigen, dan jantung menggunakan 7%."
  243. bahwa kentang adalah makanan kedua terbanyak dikonsumsi di Amerika Serikat, setelah produk-produk dari susu?"
  244. bahwa gempa bumi yang terjadi pada 16 Desember 1881 menyebabkan bagian-bagian Sungai Mississippi mengalir berbalik arah?"
  245. bahwa kentang adalah makanan yang sangat populer di berbagai tempat di dunia sekarang? Kentang ditanam di 125 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia."
  246. bahwa pola belang pada zebra unik, tidak ada dua zebra yang memiliki pola belang yang sama, sama uniknya dengan sidik jari pada manusia."
  247. bahwa komet Halley, salah satu komet yang paling terkenal, kembali terlihat dari bumi setiap 76 tahun? Komet ini telah diamati dan dicatat selama lebih dari 3000 tahun."
  248. bahwa di seluruh dunia terdapat lebih dari 3.000 jenis teh?
  249. bahwa kosa kata Bahasa Sunda tidak memiliki kata khusus yang menerangkan warna biru. Kata hejo yang secara harfiah berarti hijau, juga digunakan untuk menerangkan warna biru.
  250. bahwa rata-rata orang Amerika memakan sekitar 63,5 kg kentang setiap tahunnya, sementara orang Jerman memakan sekitar 90,7 kg kentang?"
  251. bahwa dalam waktu 50 tahun setelah Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak pada pertengahan abad ke-15, lebih dari 6 juta buku diterbitkan dengan topik di bidang hukum, sains, puisi, politik, dan agama."
  252. bahwa permainan ular tangga didasarkan pada ajaran karma dalam agama Hindu? Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang positif, sementara perbuatan yang jahat akan menyebabkan malapetaka."
  253. bahwa permainan ular tangga didasarkan pada ajaran karma dalam agama Hindu? Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang positif, sementara perbuatan yang jahat akan menyebabkan malapetaka."
  254. bahwa Dr. Karl May yang menulis serial Winnetou yang menceritakan tentang suku Indian Amerika dengan detail sama sekali belum pernah ke Amerika."
  255. bahwa pemain bola voli profesional dapat melakukan smes bola dengan kecepatan lebih dari 125 km/jam?"
  256. bahwa penggemar kentang di Amerika Serikat menghabiskan lebih dari 4 juta ton kentang goreng setiap tahunnya dalam berbagai bentuk dan ukuran?"
  257. bahwa pada tahun 1875, direktur Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat mengajukan surat pengunduran dirinya dan menyarankan agar kantornya ditutup? Menurut pendapatnya, orang tidak mungkin lagi menciptakan sesuatu yang baru!"
  258. bahwa kantong plastik diperkirakan baru akan hancur setelah 50.000 tahun?"
  259. bahwa capung mengepakkan sayapnya 20-40 kali per detik, lebah dan lalat 200 kali, dan beberapa jenis nyamuk 600 kali."
  260. bahwa di Inggris pada zaman Ratu Victoria, tidak ada penerbitan yang berani memperlihatkan ranjang dalam iklan-iklannya? Bila ilustrasinya memang sangat dibutuhkan, ranjang itu akan disembunyikan di balik tirai!"
  261. bahwa hampir seluruh bendera negara-negara di dunia berbentuk segiempat. Satu-satunya bendera negara yang tidak berbentuk segiempat adalah bendera Nepal yang berbentuk dua segitiga ditumpuk.
  262. bahwa pada 1845 dan 1846 pertanian kentang di Irlandia hancur karena jamur? Akibatnya terjadi bencana kelaparan yang menyebabkan banyak orang yang berimigrasi. Antara 1847 dan 1851 penduduk Irlandia berkurang hampir 2 juta orang!"
  263. bahwa kebakaran hutan California pada Oktober 2007 lalu terjadi akibat permainan korek api oleh seorang bocah berusia 10 tahun?"
  264. bahwa di Kutub Utara tidak terdapat penguin? Semua jenis penguin hanya dapat ditemukan di selatan garis Khatulistiwa, terutama di Antarktika."
  265. bahwa pada masa Perang Dunia I, tentara Perancis yang ketahuan sebagai homoseksual dapat dikenai hukuman mati?"
  266. bahwa orang Eropa awalnya menolak untuk memakan kentang karena tanaman itu tidak disebutkan di dalam Alkitab? Ada pula yang mengatakan bahwa memakan kentang dapat menderita penyakit tertentu."
  267. bahwa rata-rata penjudi di kasino Amerika adalah laki-laki, berkulit putih, berpendidikan sekolah tinggi atau universitas, dan mempunyai penghasilan lebih tinggi dari rata-rata umumnya orang Amerika?"
  268. bahwa keripik kentang diciptakan secara kebetulan? Pada 1853, Cornelius Vanderbilt, raja kereta api di Amerika Serikat, mengeluh karena kentang goreng yang disajikan di restorannya terlalu tebal, dan mengembalikannya berkali-kali ke dapur. Juru masaknya kesal dan mengiris kentangnya tipis-tipis dan menggorengnya dengan minyak yang panas. Ternyata Vanderbilt menyukai kentang itu.
  269. bahwa sebelum termometer diciptakan, para pembuat minuman keras mencelupkan jarinya ke cairannya untuk menentukan temperatur yang tepat, tidak terlalu dingin atau terlalu panas, untuk memasukkan ragi?"
  270. bahwa energi yang dihasilkan oleh rata-rata hurikan sama dengan pasokan energi listrik yang digunakan di Amerika Serikat selama setengah tahun?"
  271. bahwa Marie dan Pierre Curie menolak mematenkan proses mereka membuat radium dan menyatakan bahwa proses itu adalah milik dunia - dan tak seorangpun berhak memetik keuntungan daripadanya?"
  272. bahwa itik bertelur hanya di pagi hari?"
  273. bahwa penemuan batu delima menunjukkan bahwa di dekat tempat itu terdapat intan?"
  274. bahwa mata kita berkedip setiap 2-10 detik? Sementara Anda memusatkan perhatian pada setiap kata dalam kalimat ini, mata Anda bergerak maju mundur 100 kali dalam sedetik, dan dalam setiap detik retina melakukan 10 milyar kalkulasi seperti komputer."
  275. bahwa Kapten Nathaniel Butler, Gubernur Bermuda, mengirimkan sebuah kargo kentang kepada Francis Wyatt, Gubernur Virginia pada tahun 1621? Ini adalah untuk pertama kalinya kentang tiba di Amerika Utara."
  276. bahwa di Pennsylvania, Amerika Serikat, ada undang-undang yang menyatakan bahwa seorang pria tidak boleh membeli minuman keras tanpa persetujuan tertulis dari istrinya?"
  277. bahwa kota Sunrise, Florida, mulanya dinamai Sunset, yang berarti "Senja", karena kota ini direncanakan sebagai komunitas pensiunan? Pengembangnya segera menyadari bahwa kaum pensiunan tidak suka diingatkan bahwa mereka telah memasuki usia "senja" kehidupan mereka, karena itulah dipilih nama yang lebih optimistik."
  278. bahwa pada tahun 1979, Presiden Jimmy Carter dari Amerika Serikat menandatangani sebuah undang-undang yang mengesahkan pembentukan Departemen Pendidikan di negara itu? Sebelumnya departemen ini dipersatukan di bawah Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan."
  279. bahwa Aristoteles percaya bahwa fungsi utama otak manusia adalah mendinginkan darah?"
  280. bahwa Dataran tinggi Tibet dikenal sebagai "atap dunia"?
  281. bahwa kata panik berasal dari nama dewa Yunani, Pan? Menurut kepercayaan Yunani, Pan suka berteriak-teriak pada tengah malam. Orang Yunani yang mendengar suara-suara ini, seringkali menjadi panik."
  282. bahwa belut muda semuanya berkelamin betina? Dalam perkembangan selanjutnya beberapa ekor akan berubah kelamin menjadi jantan akibat pengaruh lingkungan."
  283. bahwa lumba-lumba dapat mendengar suara yang jauhnya sampai 24 km?"
  284. bahwa papan tulis pertama digunakan di sekolah pada tahun 1714?"
  285. bahwa perusahaan Coca Cola adalah pengguna gula terbesar di dunia?"
  286. bahwa dari sebatang kayu berukuran 122 cm x 122 cm x 244 cm dapat diperoleh 75 juta buah tusuk gigi?"
  287. bahwa 6 potong ubi, gizinya sama dengan sepotong ayam?"
  288. bahwa Internet pada awal terciptanya digunakan untuk keperluan Perang Dunia II, kemudian beralih fungsi untuk forum diskusi antar mahasiswa di berbagai universitas di Amerika Serikat"*
  289.  bahwa penjepit kertas ditemukan pertama kali oleh Johann Vaaler. Ia sudah menggambarnya sejak awal 1899.
  290.  bahwa Person of the Year tahun 1982 versi Majalah Time adalah komputer pribadi?"
  291. bahwa anak perempuan Shakespeare buta huruf?"
  292. bahwa di negara bagian Vermont, Amerika Serikat, ada undang-undang yang menyatakan bahwa setiap orang harus mandi sekurang-kurangnya satu kali dalam seminggu?"
  293. bahwa hanya 5% dari seluruh garam yang diproduksi di dunia digunakan untuk masakan?"
  294. bahwa paus biru, mamalia terbesar, beratnya 50 ton ketika baru dilahirkan? Setelah dewasa, beratnya dapat mencapai 150 ton."
  295. bahwa Napoleon Bonaparte menderita ailurofobia, yaitu rasa takut terhadap kucing?"
  296. bahwa pada akhir Perang Saudara Amerika Serikat, 33% dari semua uang kertas Amerika Serikat yang beredar adalah palsu?" Pada 5 Juli 1865 Dinas Rahasia dibentuk sebagai bagian dari Departemen Keuangan untuk memerangi uang palsu."
  297. bahwa otak manusia Neanderthal 100cc lebih besar daripada otak manusia modern?"
  298. bahwa Thomas Alva Edison memegang lebih dari 1.300 hak paten Amerika Serikat dan negara-negara lain."
  299. karet gelang akan lebih tahan lama apabila disimpan di lemari es?"
  300. bahwa Stasiun Nagreg di Jawa Barat merupakan stasiun kereta api tertinggi di Indonesia yang masih beroperasi? Tinggi stasiun ini adalah 848 meter di atas permukaan laut."
  301. bahwa dari dua ekor tikus dapat dihasilkan 15.000 keturunan dalam waktu kurang dari satu tahun?"
  302. bahwa Keluarga Rothschild, yang merupakan keluarga bankir di Eropa, pada abad ke-19 diyakini memiliki kekayaan pribadi terbesar di dunia sekaligus kekayaan terbesar dalam sejarah dunia modern?"
  303. bahwa orang tak mungkin bisa bersin sambil tetap membuka kedua matanya?"
  304. bahwa setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen?"
  305. bahwa Mona Lisa tidak mempunyai alis mata? Di Firenze pada masa Renaisans terdapat kebiasaan untuk mencukur habis alis mata perempuan."
  306. bahwa di kalangan budaya tertentu, pohon pepaya disebut sebagai pohon obat karena biji dan daunnya digunakan untuk pengobatan?"
  307. bahwa kucing pernah dihubungkan dengan perdukunan dan ilmu hitam? Karena itu di kota Metz, Perancis, dalam satu tahun pernah 962 ekor kucing dibakar hidup-hidup, karena mereka dianggap sebagai 'tukang sihir yang sedang menyamar'!"
  308. bahwa Danau Tempe terletak di Sulawesi Selatan, sementara Danau Tahoe terletak di California dan Nevada, AS?"
  309. bahwa kata Bulan yang berarti satelit alami Bumi selain digunakan dalam bahasa Melayu dan bahasa Jawa juga digunakan dalam bahasa Kapampangan, bahasa Ilokano dan bahasa Cebuano di Filipina?
  310. bahwa hiu adalah satu-satunya ikan yang dapat berkedip dengan kedua belah matanya?"
  311. bahwa presiden Amerika Serikat Millard Fillmore pernah menjadi penjahit, sementara James Garfield pernah bekerja sebagai petugas kebersihan gedung?"
  312. bahwa bangsa Inca di Peru adalah orang-orang pertama yang membudidayakan kentang pada sekitar tahun 200 SM? "
  313. bahwa orang sherpa di Nepal menganjurkan orang memakan bawang putih untuk mencegah dan mengobati rasa tidak nyaman yang disebabkan ketinggian gunung."
  314. bahwa ketika kecil, Albert Einstein dianggap sebagai seorang pemalu, bodoh, malas belajar, dan pelanggar tata tertib? Ia lulus SMP tanpa mendapatkan ijazah dan dua kali gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.
  315. bahwa Ida Ayu Nyoman Rai, ibu Soekarno, adalah keturunan dari raja Kerajaan Buleleng?"
  316. bahwa kipas angin di langit-langit hanya menggunakan listrik sekitar 60 watt atau 98% lebih sedikit daripada kebanyakan pendingin udara (AC) sentral?"
  317. bahwa minuman beralkohol menurunkan suhu tubuh? Orang yang minum biasanya mengira suhu tubuhnya meningkat, karena alkohol menyebabkan pembuluh darah kapiler mengembang dan diisi dengan lebih banyak darah yang hangat?"
  318. bahwa ibukota Indonesia pernah berubah empat kali, yaitu kota Jakarta pada tahun 1945-1946, Yogyakarta pada tahun 1946-1948, Bukittinggi pada tahun 1948-1949, dan setelah kedaulatan Indonesia diakui oleh Belanda, Jakarta kembali menjadi ibukota?"
  319. di Jepang, capung dijadikan lambang nasib baik, keberanian, dan kejantanan? Para samurai Jepang seringkali menggunakan lambang capung dalam pertempurannya.
  320. bahwa tenaga uap telah mulai digunakan pada tahun 50 SM?"
  321. bahwa hak cipta pertama kali diciptakan pada tahun 1486?"
  322. bahwa Bumi kita ini tidak bulat? Bentuknya mirip bentuk dari buah pir. Diameter dari Kutub Utara lebih lebar 44 mm dari diameter Kutub Selatan.
  323. bahwa Thomas Nast adalah orang pertama yang menyebutkan Kutub Utara sebagai tempat tinggal Sinterklas? Pada 1882 ia membuat kartun dengan Sinterklas yang duduk di sebuah kotak dengan alamat "Kotak Natal 1882, Sinterklas, Kutub Utara". Pendapatnya, Kutub Utara cocok sebagai tempat tinggal sang kakek baik hati itu."
  324. bahwa seekor lebah ratu dapat menghasilkan 3000 butir telur dalam sehari?"
  325. bahwa bolpen pertama dijual pada 1945 dengan harga AS$12 per buah?"
  326. bahwa saat Abad Pertengahan bangsa Romawi Kuno dan Eropa menggunakan air seni untuk mandi, berkumur, mencuci pakaian ?"
  327. bahwa rata-rata satu orang Amerika makan lebih dari 365 butir kentang setiap tahunnya?"
  328. bahwa delapan orang Presiden Amerika Serikat dilahirkan sebagai warga negara Britania? Mereka adalah George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, James Madison, James Monroe, J.Q. Adams, Andrew Jackson, dan William Harrison."
  329. bahwa Max Born yang menghasilkan karya penting dalam mekanika kuantum dan penerima Hadiah Nobel Fisika pada 1954, adalah kakek dari penyanyi Olivia Newton-John?"
  330. bahwa madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk?"
  331. bahwa otot yang paling kuat di tubuh manusia adalah otot lidah?"
  332. bahwa toga pada zaman Romawi kuno hanya dikenakan oleh orang-orang merdeka, bukan para budak?"
  333. bahwa dinding-dinding igloo yang sepenuhnya dibuat dari salju, lebih sanggup bertahan menghadapi artileri modern daripada barikade tembok? Dinding igloo dapat menyerap ledakan artileri, hampir tidak terlihat dari angkasa, dan tak dapat ditemukan oleh sensor infra merah yang membimbing peluru kendali."
  334. bahwa Julius Caesar menetapkan tanggal 1 Januari sebagai hari pertama di tahun yang baru?"
  335. bahwa bangsa Babilonia dan bangsa Tionghoa merayakan Tahun Baru pada awal musim semi untuk menandai peralihan musim? Kedua bangsa ini telah merayakannya sejak ribuan tahun yang lalu, sebelum kalender Masehi dikenal orang."
http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Tahukah_Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar